Visi dan Misi

 

VISI :

"TAMPIL UNGGUL DALAM MUTU BERDASARKAN AKAR BUDAYA,

BERWAWASAN LINGKUNGAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0."

Indikator Visi :

  1. Unggul dalam Aktivitas Kedisiplinan, Keagamaan, Keimanan, Ketaqwaan dan Pendidikan Budi Pekerti Luhur.
  2. Unggul dalam perolehan Nilai Ujian yang berbasis ICT.
  3. Unggul dalam persaingan Perolehan di Perguruan Tinggi Berkualitas.
  4. Unggul dalam Lomba Karya Ilmiah.
  5. Unggul dalam Lomba Olimpiade Sains dan Bahasa Asing.
  6. Unggul dalam Lomba Kreativitas Seni Budaya Daerah dan Nasional
  7. Unggul dalam Lomba Olahraga.
  8. Unggul dalam Kegiatan Kepramukaan, Sispala serta pengembangan diri lainnya dalam upaya menciptakan lingkungan sekolah yang lestari.
  9. Unggul dalam Manajemen Partisipatif dan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang Information and Comunikation Technologi (ICT).

MISI :

  1. Meningkatkan kedisplinan, melalui pemberdayaan tim tata tertib sekolah dan supervisi Kepala Sekolah, meningkatkan budi pekerti  luhur, keimanan, ketaqwaan, terahadap Tuhan Yang Maha Esa melalui pelaksanaan sembahyang setiap hari-hari sekolah dan hari-hari besar keagamaan.
  2. Mengefektifkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran, MGMP Sekolah dan mengoptimalkan layanan belajar yang berbasis ICT.
  3. Melaksanakan bimbingan belajar, latihan pemantapan dan memberikan pembinaan khusus melalui kelompok mata pelajaran yang disertakan dalam Ujian Nasional dan memberikan wawasan masa depan peserta didik melalui bimbinga karir.
  4. Membina dan melatih peserta didik dalam bidang penelitian ilmiah, membuat laporan hasil penelitian dan mengikutsertakan dalam berbagai lomba/kejuaraan.
  5. Membimbing peserta didik agar inovatif dan kreatif di bidang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembinaan diarahkan untuk kegiatan lomba mata pelajaran yang disertakan pada Olimpiade Sains Nasional (OSN), Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.
  6. Membina dan melatih peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler seni budaya, mengikuti lomba di bidang seni budaya daerah dan nasional.
  7. Membina dan melatih peserta didik secara terjadwal dalam kegiatan olahraga sesuai dengan bakat dan kemampuan dengan menyiapkan sarana dan prasarana penunjang yang memadai.
  8. Membina dan melatih pramuka, sispala serta pengembangan diri lainnya dalam upaya menciptakan lingkungan sekolah yang lestari.
  9. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan Komite Sekolah secara transparan untuk mencapai lulusan yang kompeten dalam bidang ICT.

TUJUAN :

Berpedoman dari Visi dan Misi serta faktor pendukung maka tahun 2021 ditargetkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Tercapainya mental kepribadian yang baik, kedisiplinan, keimanan, ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dalam upaya membentengi diri terhadap tantangan Era Revolusi Industri 4.0.
  2. Tercapainya efektivitas pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, MGMP Sekolah dan layanan belajar, yaitu :
  • Perolehan nilai Ujian : MIPA minimal 73 dan program IPS minimal 70
  • Memiliki fasilitas Perpustakaan digital di samping konvensional sehingga dapat memberikan pelayanan secara optimal.
  • Meningkatnya warga sekolah dan peserta didik memanfaatkan TIK dalam pembelajaran secara daring, semi daring, maupun luring.
  • Berkurangnya/meniadakan jam efektif belajar yang tidak efektif.
  • Mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, regulasi yang ada, serta situasi lingkungan, 
  • Mampu mengembangkan koleksi aplikasi belajar, aplikasi latihan mata pelajaran dan aplikasi buku interaktip yang berbasis ICT sebagai alat bantu pembelajaran siswa.
  • Mampu mengembangkan model pembelajaran konstekstual yang berpusat pada peserta didik sehingga dapat meningkatkan prestasi, aktivitas, kreativitas, motivasi dan berfikir kritis peserta didik.
  • Mampu mengembangkan media pembelajaran dan sistem penilaian berbasis ICT yang dapat memudahkan proses pembelajaran guru.
  1. Terlaksananya bimbingan belajar, latihan pemantapan, pembinaan khusus mata pelajaran yang disertakan dalam Ujian Nasional dan bimbingan karir, sehingga jumlah penerimaan di Perguruan Tinggi Negeri diterima minimal 90% dari peserta didik yang mengikutinya.
  2. Terlatihnya Kelompok KIR dari peserta didik yang mampu mengadakan penelitian ilmiah, memiliki laporan hasil penelitian dan menjadi juara pada lomba di tingkat Kabupaten dan di tingkat Provinsi.
  3. Terbinanya perserta didik yang inovatif dan kreatif di bidang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan mata pelajaran yang disertakan pada Olimpiade Sains Nasional (OSN), yaitu IPHO, IMO, ICHO, IBO, Astronomi, Kebumian, Komputer dan Ekonomi. Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang, sehingga menjadi juara I di tingkat kabupaten dan menjadi juara di tingkat Provinsi.
  4. Terlatihnya peserta didik dalam kegiatan di bidang seni budaya daerah dan nasional dan menjadi juara dalam lomba di tingkat Kabupaten dan Provinsi atau tingkat yang lebih tinggi.
  5. Terbinanya peserta didik secara terjadwal dalam kegiatan olahraga sesuai dengan bakat dan kemampuan dengan menyiapkan sarana dan prasarana penunjang yang memadai, sehingga mampu menjadi juara di tingkat  Kabupaten, ditingkat Provinsi dan pada ajang yang lebih tinggi.
  6. Terbentuknya Tim Pramuka yang tangguh, bersama pengembangan diri lainnya serta melakukan pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup dan kegiatan sosial lainnya baik ditingkat sekolah, Kabupaten maupun yang lebih tinggi.
  7. Meningkatnya aktivitas MGMP dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran pada setiap mata pelajaran pada  satuan pendidikan.
  8. Meningkatkan pelatihan guru dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan.
  9. Terwujudnya Jurnal Pendidikan yang ber ISSN di SMA Negeri 1 Negara
  10. Terciptanya manajemen partisipatif, yaitu :
  • Terlaksananya Paket Aplikasi Sekolah (PAS) dalam pengelolaan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sekolah sebagai sumber data yang akurat dan mudah diakses.
  • Terciptanya kultur sekolah yang kondusif untuk meningkatkan kinerja seluruh warga sekolah.
  • Terlibatnya seluruh warga sekolah dan Komite Sekolah secara transparan untuk menyusun perencanaan sampai dengan evaluasi program sekolah.
  • Pemberdayaan alumni dan stake holder lainnya dalam menunjang program sekolah.